Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming

Authors

  • A R Azizah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Smart Apps Creator (SAC) merupakan aplikasi desktop yang digunakan untuk membuat aplikasi dan iOS tanpa kode pemrograman. Aplikasi ini dapat menyimpan file dengan format HTML5, .exe dan apk. SAC dapat digunakan sebagai metode alternatif selama pembelajaran offline sebab tidak memerlukan kuota internet selama pembelajaran berlangsung. Aplikasi ini sesuai jika diterapkan di daerah yang tidak terjangkau sinyal internet atau telepon sehingga dapat digunakan setiap saat. Artikel ini akan menceritakan keunggulan SAC secara lebih detail, terutama kesesuaian SAC untuk mengajarkan materi Global Warming SMA kelas XI dengan menggunakan metode study literature. Artikel ini membahas kelebihan dan kekurangan penggunaan SAC. Adapun untuk proses pengembangan media pembelajaran lebih lanjut dapat dikembangkan dengan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga mampu menarik siswa untuk belajar. Artikel ini juga akan mendiskusikan rancangan SAC untuk materi Global Warming dan instrumen belajar apasaja yang perlu disiapkan untuk melengkapi pembelajaran daring dengan SAC. Hasil study literature yang diperoleh dapat menjadi bahan pertimbangan digunakan ketika pembelajaran daring yang akan dilaksanakan dikemudian hari.

References

Effendi D dan Wahidy A 2019 Pros. Sem. Nas. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang) hal 125

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2020 Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) dikutip dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

u-Smart Technology Corporation Limited 2016 Smart Apps Creator. East Way to Design dikutip dari https://smartappscreator.com/en/

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : CV Alfabeta)

Andrianto R, Sulaiman M M dan Yulianto M A 2020 Kolano J. Multi-Discip. Sci. 1 (01) 34

Robianto A, Wahono dan Marsono J. Tek. Mesin Pembelajaran 2 (2) 124

Alwan A Z, Djuniadi dan Manikowati.2020 Joined J. J. Inform. Educ. 3 (1) 8

Chao-nan C, Yung-chin C, Chi-wen Y, Zeng-wei H, Jung-jie H dan Ying-rong H 2016 Proc. Int. Conf. on Advanced Manufacture Technology and Industrial Application (AMTIA) 2016 (Pensylvania: DEStech Publications)

Kusumaningsih D, Ariyanto B A W, Utami H B dan Ismaya W K A 2019 Aksis J. Pend. Bhs. Sastra Indones. 3 (2) 333

Suryaningtyas V W, Nugroho R A, Cahyono S P, Nababan M R dan Santosa R 2019 Proc. Int. Sem. on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic) (Semarang: IEEE) hal 542

Kusumaningsih D dan Fatoni N R 2019 Proc. of the 2nd Konferensi BIPA Tahunan (Belgia:EAI)

Jannah I M. 2019 Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks Untuk Kelas X Di SmkMuhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Learning Skripsi (Surakarta: Prodi Pendidikan Teknik Informatika FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta)

Astuti I A D, Sumarni R A dan Saraswati D L 2017 JPPPF J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis. 3 (1) 57

Ibrahim N dan Ishartiwi 2017 J. Refleks. Edukatika 8 (1) 80

Branchais S dan Achmadi H R 2019 J. Inov. Pendidik. Fis. 08 (02) 508

Satriadi S, Liliawati W, Hasanah L dan Samsudin A 2019 J. Phys. Conf. Ser. 1280 052056

Setyorini I. 2020 J. Ind. Eng. Manag. Res. (JIEMAR) 01 (01) 95

Munawwaroh E L, Priyono B dan Ningsih M R 2018 J. Biol. Educ. 7 (2) 167

Rosidin U dan Suyatna A 2017 Int. J. Environ. Sci. Educ. 12 (4) 777

Purwanto A, Asbari M, Fahlevi M, Mufid A, Agistiawati E, Cahyono Y dan Suryani P 2020 Int. J. Adv. Sci. Technol. 29 (5) 6235

Published

2021-07-21