Pelaksanaan PPL Daljab (Dalam Jabatan) Gelombang 4: Sinergi Pendidikan Fisika Unesa dan SMAN 15 Surabaya
Rabu, 9 Oktober 2019, seorang guru (Muhammad irsyadul ibad) memulai sebuah pembelajaran fisika di kelas X IPA 3 pada topik gerak melingkar. Pagi itu memulai pelajaran dengan menanyakan kabar peserta didik. Peserta didik yang sudah antusias untuk mengikuti pelajaran mulai memperhatikan apa yang ingin ditunjukkan oleh guru saat itu. Guru memulai pelajaran dengan menunjukkan demonstrasi miniature mesin pemutar CD (Compact Disk).

Demonstrasi berhasil menarik fokus peserta didik untuk memulai mengamati Gerakan dari CD yang berputar, mengamati lintasan gerak yang ditempuh dan kecepatan putaran yang dilakukan CD. Setelah melakukan demonstrasi, guru mempersilahkan siswa untuk mencoba alat tersebut berdasarkan panduan dari lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.

Peserta didik tampak antusias dengan pembelajaran, ditampakkan dengan aktivitas peserta didik yang aktif mencoba alat yang telah dibagi dan berdiskusi dengan teman-teman kelompoknya untuk menganalisis gerak melingkar dari hasil pengamatannya. Siswa pun dengan berani tampil ke depan untuk mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan

Antusias siswa pun ditunjukkan dengan respon siswa saat ditanya tentang proses pembelajaran yang telah mereka ikut, “nyaman pak, kita jadi tahu apa yang dimaksud gerak melingkar dengan melihat langsung contoh gerakannya” kata Cyntia, salah satu peserta didik X IPA 3.
Di akhir pembelajaran guru melakukan evaluasi secara kelompok menggunakan system quiz antar kelompok.
Bagian ini pun juga menarik motivasi siswa sehingga bersemangat untuk mengikuti evaluasi pembelajaran. “Seru pak, quiznya bikin semangat untuk bersaing dengan kelompok lain” kata Caraka, peserta didik kelas X IPA 3 mengomentari tentang proses evaluasi di akhir pembelajaran.
(sambungan) Selasa, 15 Oktober 2019 pembelajaran dilanjutkan dengan materi fluida dinamis. Beda dengan pertemuan sebelumnya yang menggunakan CD sebagai alat peraga untuk mendemontrasikan materi gerak melingkar, pada kesempatan ini menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk melancarkan pembelajaran dalam praktikum virtual yang menggunakan aplikasi PhET.

Walaupun terjeda dengan jam istirahat antusian peserta didik dalam melakukan praktikum tidaklah melemah, kreativitas guru PPL menjadikan suasana pembelajaran tidak membosankan. Sebelum pembelajaran dimulai, guru PPL mengajak para siswa berdiri dan senam ringan bareng, dari senam tersebut para siswa merasa terhibur dan menghilangkan kepenatan dalam pembelajaran.
“melalui aplikasi PhET yang bisa diinstal di smart phone mempermuda saya belajar dan ini bisa saya gunakan untuk memahami materi fisika yang lainnya” ujar salah satu peserta didik setelah ditanya menganai tanggapan tentang aplikasi PhET dalam pembelajaran. Positif-negatif pasti akan selalu ada dalam segala bentuk perlakuan, efisien penggunaan alat dapat dinikmati ketika menggunakan aplikasi PhET, akan tetapi siswa kurang mengeksplorasi faktor-faktor yang lain dalam materi fluida dinamis.

Keberhasilan pembelajaran guru PPL Daljab tidaklah lepas dari bimbingan dosen pembimbing yang senantiasa memberikan masukan dan saran bagaimana cara mengajar yang baik dan mengelola pembelajaran supaya dapat diterima dengan mudah serta tidak membosankan.